Cara Mendownload Dokumen Pada Website Scribd.com

Dahulu, Cara Mendownload Dokumen Pada Website scribd.com begitu sangat menyenangkan, akan tetapi saat ini hal tersebut sudah tidak semudah dahulu. Website Scribd.com sekarang sudah men-restrict orang-orang untuk mendownload dokumen berupa PDF dari website tersebut. Semua orang dapat mendownload secara bebas dokumen-dokumen yang ada tetapi dengan persyaratan harus terlebih dahulu menjadi anggota yang berbayar pada website scribd.com dengan biaya mulai dari $2.99 per hari sampai dengan $59 per tahun.

Saya merasa hal ini adalah wajar, bila Scribd mengambil bayaran dari anggota mereka yang ingin mendownload dokumen dari server kepada anggotanya. Mengingat, ada banyak uang yang harus mereka investasikan dalam mengembangkan perangkat lunak, membangun server,  menggaji karyawan serta melakukan perawatan-perawatan terhadap layanan yang telah mereka persembahkan. Bahkan mereka adalah merupakan satu-satunya provider yang telah melakukan konversi pada semua dokumen menjadi HTML5. Awal saya mengenal Scribd, semua dokumen yang tersedia berbentuk dalam format FLASH, hanya apabila kita ingin mendownload saja maka format aslinya akan diberikan kepada kita.

Saya sendiri, apabila memiliki kelebihan uang dan berniat untuk mendownload beberapa data atau beberapa ebook dari SCRIBD, aku akan membayarnya untuk menjadi anggota. Bahkan saya pernah menjadi membernya per tahun dari layanan SCRIBD, tetapi kemudian saya merasa hal tersebut telah membuang-buang uang saja karena tidak setiap hari saya mendownload data dan ebook dari sana.

Masalahnya adalah, dengan kebijakan mereka tersebut, terkadang saya yang sedang tidak punya uang menjadi tidak dapat mendownload data dan ebook yang saya butuhkan. Memang, Scribd menyediakan sebuah solusi, untuk itu demi menjaga perasaan berkontribusi, maka apabila kita ingin mendownload sebuah dokumen dari sana, kita diwajibkan oleh Scribd untuk mengupload beberapa dokumen ke server mereka. Ini seperti simbiosis mutualisme. Hanya saja, terkadang saya pun menjadi bingung, dokumen seperti apa yang harus saya tukar atau barterkan untuk dapat mendownload dokumen yang saya butuhkan.

Setelah mencari-cari cara di mesin pencari Google, akhirnya saya menemukan solusinya. Ternyata ada semacam backdoor atau pintu belakang pada website Scribd agar kita dapat mendownload dokumen dari sana tanpa harus menjadi member terlebih dahulu.
Misalny saya ingin mendownload dokumen ini “http://www.scribd.com/doc/11566040/Anchor-Bolt-Design-for-Shear-and-Tension” maka yang diperlukan oleh saya hanyalah nomor ID dari dokumen tersebut. Coba lihat pada bagian link yang saya tebalkan dan beri warna merah, link tersebut adalah ID dokumen untuk file “Anchor Bolt Design for Shear and Tension“, yaitu 11566040.

Setelah kita simpan nomor ID tersebut, maka yang harus dilakukan selanjutnya adalah dengan masukkan nomor ID tersebut pada link berikut ini: http://www.scribd.com/mobile/documents/#No ID Dokumen#/download dengan tanda “#” dihilangkan.

Untuk Memudahkan dalam proses download tersebut, maka saya menggunakan script berikut:

< ?php$url = "";
if(isset($_POST['url'])){ $url = $_POST['url']; preg_match('/[0-9]{1,10}/', $url, $url_id); $download = "http://www.scribd.com/mobile/documents/" . $url_id[0] . "/download/";}?><html><head><title>Script Download Scribd</title></head><body><center><h3>Script ini digunakan untuk mendownload dokumen dari website Scribd.com</h3><form method="post" action="<?php echo $_SERVER['PHP_SELF']; ?>"><hr /><br />Masukkan Alamat Scribd : <input type="text" name="url" size="100" /> <input type="submit" value="Download"/><br /><br /><hr />< ?php
if($url_id[0] != "" or !empty($url_id[0])){ echo "<h4><a href="$download">Download</a>";}?></form></center></body></html>
Load disqus comments

1 komentar: