Tips dan Cara Menata Dapur Yang Baik Untuk Kesehatan

tips dan cara menata dapur yang baik untuk kesehatan
Tips dan Cara Menata Dapur Yang Baik Untuk Kesehatan – dapur merupakan sebuah ruangan khusus yang berisikan peralatan-peralatan yang di gunakan untuk mengolah, menyiapkan dan juga memasak bahan-bahan makanan menjadi makanan yang siap untuk disajikan dan disantap. Walaupun bentuknya dari satu rumah ke rumah yang lainnya pada umumnya tidaklah sama, akan tetapi fungsi dari dapur hampir dapat di katakan sama. Setiap pemilik rumah pastinya membutuhkan makanan dan juga peralatan-peralatan untuk mengolahnya. Oleh karena itu dapur termasuk dari sebuah ruangan yang vital dan juga harus ada di dalam rumah.

Bahkan dapur sering kali menjadi suatu bagian rumah yang ter-abaikan, sehingga begitu jarang untuk di bersihkan dan akhirnya tampak menjadi kotor. Apabila sudah kotor, maka akan menjadi sarang kuman dan juga bakteri, yang mungkin nantinya akan menempel di berbagai peralatan-peralatan dapur yang digunakan untuk memasak, contohnya seperti piring, gelas, sendok / garpu, kompor, sampai dengan tempat cuci piring.

Dapur sebaiknya cukup di desain secara sederhana saja, asalkan baik dalam penempatannya. Gunakanlah sirkulasi serta penerangan yang cukup pada dapur anda dan juga bersihkanlah dengan segera mungkin sisa-sisa makanan seusai makan. Pajanglah buah-buahan yang segar dan juga bunga-bunga sebagai simbol kemakmuran di area dapur anda, sebagai titik dari kemakmuran dan kestabilan financial, karena dapur itu ibaratnya adalah ”jantung” dari rumah kita.

Untuk posisi dapur ruangannya yang baik untuk kesehatan, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan, yaitu :
  1. Posisi kompor jangan berada di bawah balok beton.
  2. Dapur sebaiknya tidak berada dititik tengah rumah.
  3. Pintu dapur sebaiknya jangan berhadapan dengan toilet.
  4. Lantai dapur sebaiknya sejajar dengan lantai ruang makan.
  5. Bentuk dapur sebaiknya tidak bulat atau tidak beraturan.
  6. Pada rumah dua lantai, kamar mandi sebaiknya tidak diatas dapur.
  7. Pastikan kompor berfungsi dengan baik dan selalu bersih, karena itu merupakan indikator keuangan anda.
  8. Hindari peletakan area dapur di sektor utara rumah. Sektor utara pada kompas atau arah mata angin adalah tempat kedudukan unsur air.
  9. Dapur harus memiliki penerangan dan lubang udara (ventilasi) yang baik.
  10. Tempat beras harus selalu tertutup dan jangan sampai pernah habis sama sekali. Cara ini merupakan upaya untuk mempertahankan energi yang sudah stabil.
  11. Kamar tidur sebaiknya TIDAK bersebelahan atau berada di atas area dapur, terutama posisi tempat tidur yang sangat tidak disarankan bila berada persis di atas kompor lantai bawah. Untuk yang sudah berpasangan pastinya akan mengganggu keharmonisan rumah tangga. Bagi yang belum berpasangan akan sulit mendapatkan pendamping karena cenderung memiliki emosi yang tidak stabil.
  12. Meja dapur TIDAK disarankan berada di bawah atau berdampingan dengan tangga. Ibaratnya, hasil usaha kita yang seharusnya bermanfaat menjadi tidak bermanfaat akibat gerakan injakan langkah kaki saat menaiki tangga. Secara logika, kotoran atau debu yang dihasilkan akan sangat mudah masuk ke dalam makanan, sehingga banyak terjangkit kuman penyakit.
  13. Kamar tidur sebaiknya TIDAK bersebelahan atau berada di atas area dapur, terutama posisi tempat tidur yang sangat tidak disarankan bila berada persis di atas kompor lantai bawah. Untuk yang sudah berpasangan pastinya akan mengganggu keharmonisan rumah tangga. Bagi yang belum berpasangan akan sulit mendapatkan pendamping karena cenderung memiliki emosi yang tidak stabil.
Demikian Tips Menata Dapur Yang Baik Untuk Kesehatan, Semoga menjadi sumber referensi yang bermanfaat untuk kita bersama. Terima kasih telah berkunjung di blog sederhana ini (By. Saiful. K)

Load disqus comments

0 komentar