Tips Hemat Energi Listrik Rumah Anda

Ada begitu banyak cara dalam menerapkan konsep gaya hidup hijau yang ramah energi. Berikut adalah salah satu cara yang paling mudah untuk di lakukan yaitu dengan mencabut sakelar dari setiap perangkat elektronik, pada saat setiap kali selesai dipergunakan.

Seperti dilansir oleh halaman dailyfinance, setiap rumah tangga kemungkinan memiliki sekitar 10 – 20 peralatan rumah tangga yang secara rutin selalu terpasang di colokan listrik, bahkan ketika perangkat tersebut tidak aktif digunakan.

Akan tetapi, pernahkan Anda mengetahui bahwa ketika perangkat tersebut sudah dimatikan (shut down), namun perangkat itu tetap menyedot atau mengkonsumsi energi listrik sehingga memboroskan alokasi biaya keuangan listrik Anda ?

Menurut hasil perhitungan, pada setiap rumah tangga rata-rata menghabiskan biaya sekitar Rp. 18 juta untuk biaya listrik selama setahun.

Uniknya, sekitar 5% sampai 10% dari biaya tersebut dihasilkan oleh perangkat elektronik yang selalu terpasang selama 24 jam penuh.

Selain itu, ada juga sejumlah perangkat rumah tangga dan elektronik yang sebaiknya anda cabut setiap habis digunakan, untuk menghemat energi dan uang Anda mulai dari Komputer desktop, Laptop, Televisi, DVD Player, Internet Modem, Coffeemakers dan perangkat lainnya.

Load disqus comments

0 komentar