Cara Cepat Mencegah Pagar Besi Berkarat

cara cepat mencegah pagar besi yang berkarat
Cara Cepat Mencegah Pagar Besi Berkarat - Pagar besi merupakan suatu elemen yang rentan terserang karat karena letaknya yang berada di luar rumah. Untuk terhindar dari kerusakan yang semakin parah, maka sebaiknya jangan menunda melakukan perawatan.

baca juga: 3 Hal penting Sebelum Membeli Rumah KPR

Karat yang muncul pada pagar besi bersumber dari 2 hal, yaitu terjadinya suatu reaksi kimia dan reaksi oksidasi. 3 elemen yang memungkinkan terjadinya suatu reaksi itu adalah oksigen, air dan garam yang terlarut. Kalau sudah berkarat, maka kerusakan yang di timbulkan dapat bermacam-macam, di mulai dari stadium awal sampai ke tingkat yang bisa menghilangkan bahan besi tersebut.

Pagar besi yang mengalami kerusakan dengan tingkat awal masih dapat di perbaiki, namun jika sudah sampai pada tingkat hilangnya bahan-bahan besi, maka otomatis harus di lakukan penggantian besi. Oleh sebab itu, sebelum terlanjur menjadi rusak, ada baiknya jika kita mencoba 3 langkah berikut untuk mencegah pagar besi pada rumah kita berkarat: 

Alat dan Bahan

  • Ampelas besi
  • Cat besi yang mengandung bahan anti karat. Cat besi ini memiliki fungsi sebagai cat primer dan top coat atau cat finish.
  • Sikat kawat
  • Kuas, sesuaikan dengan besarnya besi yang dipakai

Langkah-langkah

  1. Sikat bagian logam besi yang sudah berkarat, lalu mengampelasnya hingga bagian tersebut benar-benar bersih.
  2. Apabila pada permukaan besi masih terlihat adanya kotoran debu dan juga minyak, maka bersihkanlah dengan kain lap yang kering.
  3. Cat besi anti karat disapukan pada besi yang mengandung karat. Cat tersebut menjadi lapisan cat primer sekaligus top coat atau sebagai cat finish.
Manfaat lainnya, cat tersebut tahan terhadap cuaca dan juga tersedia dalam berbagai pilihan warna dekoratif yang dapat menjadi pilihan sesuai dengan keinginan anda. Apabila tidak menggunakan cat jenis tersebut, maka Anda dapat mengaplikasikan cat dasar (cat meni) terlebih dahulu. Tunggulah hingga satu hari, setelah itu baru aplikasikan cat finish. Coba bandingkan dengan yang sebelumnya, Pagar besi di rumah akan terlihat berkilap.

Selamat mencoba!
Sumber: Kompas.com
Load disqus comments

0 komentar