Software Open Source PHP dan MySQL

Tidak bisa dipungkiri lagi, jika internet sudah menjadi sumber informasi yang luar biasa lengkap dan mudah didapatkan. Aplikasi web telah berlomba-lomba untuk memberikan fasilitas pada pengguna dengan menggunakan berbagai fitur serta inovasi tanpa batas. Tentu tidak sedikit pemuda-pemudi harapan bangsa yang memiliki motivasi besar membuat situs yang inovatif, tetapi tidak sedikit juga yang mengalami kebingungan untuk memulainya dikarenakan banyaknya pilihan teknologi yang tersedia.


Apabila sebelumnya Anda sudah mengenal pembuatan aplikasi n-tier dengan ASP (Active Server Pages), maka pada model pengembangan software open source, nama PHP dan MySQL merupakan sebuah kombinasi layaknya pasangan Romeo dan Juliet.

Arsitektur

Sebagaimana konsep yang telah kita kenal, halaman web yang Anda ciptakan dengan PHP dan MySQL juga memiliki arsitektur yang terdiri dari client dan server. Client pada halaman web berupa web browser. Web browser memberikan informasi kepada pengguna dalam bentuk HTML (Hypertext Markup Language). Sementara aplikasi web itu sendiri terletak pada web server. Sebuah relational database server menyimpan informasi yang diperlukan oleh aplikasi, terdapat banyak pilihan RDBMS (Relational Database Management System) yang pada umumnya menggunakan Structured Query Language (SQL). MySQL merupakan salah satu RDBMS yang open source.

Jika Anda telah mengenal ASP, maka PHP memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai bahasa pemrograman yang dikenal juga dengan middleware. PHP melakukan proses terhadap permintaan (request) dari client, serta berinteraksi dengan program lainnya pada server untuk memenuhi permintaan dari client Kombinasi PHP dan MySQL harus didukung pula oleh web server. Dua pilihan web server yang populer adalah Apache yang tersedia secara open source dan Microsoft Internet Information Server (IIS). Pilihan web server cenderung mengikuti operating system yang digunakan. Apache dikenal berjalan stabil pada operating system Unix/Linux, tetapi jika Anda menggunakan platform Windows, penggunaan IIS lebih disarankan.

Sekilas tentang PHP

PHP adalah singkatan dari Hypertext Preprocessor yang didesain untuk menghasilkan halaman web dinamis. Berbicara mengenai PHP, kecepatan merupakan salah satu keunggulannya. Dari sisi programming, PHP memiliki kemiripan dengan bahasa C. Dukungan cross platform memungkinkan PHP berjalan pada operating system Windows ataupun Unix, pada IIS maupun Apache. Kumpulan fungsi built-in pada PHP juga mempermudah Anda untuk membangun aplikasi web yang lengkap. Sebagai software open source, terdapat ribuan programer yang ikut serta mengembangkan PHP, yang hingga saat ini telah mencapai versi 5. Fitur-fitur yang didukung, antara lain:

1. Dukungan Object Oriented Programming (OOP) melalui PHP Data Objects.
2. Dukungan yang lebih baik pada MySQL, dikenal dengan extension .
3. Dukungan yang lebih baik pada XML, dan lain sebagainya.

Sekilas tentang MySQL

Pengembangan MySQL yang dikenal dengan logo ikan lumba-lumba, pada awalnya tidaklah mulus. Berbagai kritik telah di dapat sejak versi awal dibuat, akan tetapi waktu juga yang telah membuktikan bahwa MySQL bisa terus bertahan pada jajaran RDBMS berbasis open source. PHP telah mempersiapkan dukungan terhadap MySQL secara khusus, menjadikan kombinasi PHP dan MySQL merupakan tools yang saling berkaitan untuk digunakan oleh programer web. Untuk database yang berukuran kecil hingga menengah, MySQL memiliki kecepatan yang bisa diandalkan.

Seperti halnya PHP, MySQL juga terus dikembangkan dari waktu ke-waktu oleh para komunitas publik open source dimana hak ciptanya dimiliki oleh masing-masing individu pembuatnya. Hingga rilis terakhirnya MySQL telah mencapai versi 5, yang memiliki fitur cross platform, Stored Procedures, Triggers, Cursors, Views, dan lain sebagainya. Roadmap selanjutnya dari MySQL adalah dukungan terhadap Partitioning, Online Backup, Event Scheduling, dan lain-lain. Kombinasi PHP dan MySQL memiliki sebuah nickname yang dikenal dengan “Dynamic Duo”.

Sumber Materi: PCMEDIA

Bonus:
Untuk menjalankan PHP dan MySQL pada Local Server dapat menggunakan software XAMPP, dapat di download secara gratis di link berikut ini:
Load disqus comments

0 komentar