Penyakit Vertigo

Vertigo adalah suatu kondisi dimana terjadi gangguan pada sistem keseimbangan yang terletak pada telinga bagian dalam sehingga orang yang menderitanya merasa pusing, dan hal inilah dalam istilah kedokterannya disebut dengan penyakit vertigo.

penyakit vertigo

Apa yang ada bayangkan ketika mendengar istilah penyakit vertigo? mungkin beberapa dari anda semua masih ada yang merasa bingung atau tidak ada bayangan sama sekali dari istilah vertigo ini. Santai saja, itu wajar saja dan untuk itu karena anda masih bingung atau tidak begitu mengerti tentang apa itu vertigo, maka pada postingan kali ini akan dibahas pengertian atau definisi vertigo. Selamat menyimak.

Tentang vertigo


Vertigo adalah suatu kondisi gangguan pada sistem keseimbangan yang terjadi pada telinga bagian dalam sehingga orang yang menderita merasa pusing dan bahkan merasa area di sekelilingnya seolah berputar. Vertigo memperlihatkan terjadinya ketidakseimbangan dalam tonus vestibular. Hal ini bisa terjadi karena hilangnya masukan perifer yang disebabkan oleh kerusakan pada saraf vestibular dan labirin atau dapat juga dapat disebabkan karena aktivitas vestibulocerebellar atau kerusakan unilateral pada sel inti vestibular.

Definisi Vertigo


Kata vertigo berasal dari bahasa Yunani, yaitu vertere yang jika diterjemahkan dalam bahasa indonesia artinya memutar. Pengertian vertigo adalah rasa gerak atau sensasi gerakan pada tubuh atau lingkungan yang ada disekitarnya, dapat juga disertai dengan gejala lain, terutama pada jaringan otonomik akibat gangguan dari alat keseimbangan tubuh. Kelainan ini terjadi akibat gangguan keseimbangan baik perifer atau sentral, kelainan pada telinga juga sering menyebabkan terjadinya vertigo.

Gejala Vertigo


Penderita vertigo umumnya merasa seolah-olah dirinya menjadi bergerak atau berputar. Penderita merasakan seolah-olah benda di sekitarnya menjadi bergerak atau berputar.

Jenis-jenis Vertigo

Berikut ini adalah jenis-jenis penyakit vertigo yang terjadi secara umum :

  • Vertigo vestibuler
  • Vertigo posisi jinak (benign paroksismal positional vertigo)
  • Vestibulopathy Perifer Akut (neuritis vestibular)
  • Sindrom Meniere
  • Vertigo nonvestibuler
  • Migrain
  • Insufisiensi Vertebrobasilar
  • Tumor sudut cerebellar-pontine

Pengobatan Penyakit Vertigo :

Pengobatan tergantung dari penyebab vertigo tersebut, adapun obat untuk mengurangi penyakit vertigo yang masih tergolong ringan adalah dimenhidrinat, meklizin, skopolamin dan perfenazin. Skopolamin tersedia dalam bentuk plester kulit berguna untuk mencegah mabuk akibat efek dari vertigo, dengan lama kerja selama beberapa hari. Semua obat yang tercantum diatas dapat menyebabkan ngantuk, terutama pada usia lanjut. Sedangkan skopolamin yang berbentuk plester hanya menimbulkan efek ngantuk relatif sedikit.

Itulah sedikit informasi tentang pengertian atau definisi vertigo. Semoga dapat membantu anda yang ingin tahu tentang penyakit vertigo. Terimakasih
Load disqus comments

0 komentar