Modif Harian Motor Honda All New CB150R

review all new cb150r
Review mengenai motor Honda All New CB150R dari blogger2x lain pastinya sudah seringkali anda jumpai, memang agak ketinggalan sekali untuk dibahas kembali mengingat versi terbarunya All New CB150 SE saja sudah mengaspal. Tetapi penulis disini akan mencoba mengulas motor besutan honda ini dari sudut pandang yang berbeda.

Okay, langsung ke pembahasanya... Motor All New CB150R dari Honda ini belum lama penulis pinang dari dealer terdekat, kira2x 3 bulan yang lalu. Tepatnya pada bulan Desember 2015, memang agak tanggung sekali sey... mengingat beberapa hari kemudian akan memasuki tahun baru 2016. Tetapi apa boleh dikata, penantian dan harapan untuk segera mengendarai motor naked besutan Honda ini sudah sangat mengebu-gebu. Hahahah... Lebay :)

Nah, sebelumnya perlu kalian tahu nih... penulis berbobot 56kg (tergolong kurus banget ya? Nasib:) dengan tinggi 170cm. Saat duduk dimotor All New CB150R ini sayang sekali tapak kaki tidak mendarat atau menapak dengan sempurna (bahasa sehari-harinya: jinjit x ya gan) hehehe,, kira2x jinjit 3-4cm, kebayangkan kalo lagi macet harus gimana?... tepok jidat :) oke..oke.. next.. yang jadi permasalahan adalah bobot yang kurang bgt, yaitu 56kg gak membuat motor menjadi rendah atau menjadi pendek. Coz teman dengan tinggi yang sama 170cm dengan bobot sekitar 80kg naik dimotor All New CB150R ini suspensi atau posisi duduk menjadi lebih rendah. Kesimpulannya sey kuda besi ini suspensinya akan lebih rendah, turun atau pendek kalau penunggangnya berbobot diangka 75kg keatas (itu baru kira-kira aja ya, tapi yang dah pasti sey diangka 80kg). Coz bobot tersebut memberikan beban ke monoshock/shockbreaker belakang sehingga posisi duduk rider menjadi lebih rendah, alhasil kakipun dapat menapak/landing dengan sempurna.

Untuk ngakalin posisi kaki agar bisa menapak akhirnya shockbreaker depanpun diturunin kira2x 2cm, memang sey untuk bantingan suspensi depan agak lebih keras. Tapi demi posisi duduk yang nyaman modif dengan cara ini merupakan solusi sementara yang bisa penulis lakuin. Nah, agar bisa lebih nyaman lagi... teman ada yang nyaranin untuk ganti ban depan & belakang ke ukuran yang lebih pendek/rendah.

ban motor lebih pendek,ban motor lebih rendah
Depan: 100/70 - ring 17
Belakang: 140/60 - ring 17

Buat Teman2x yang ingin modif dan cari cara/solusi lain agar suspensinya bisa menjadi lebih rendah atau turun, caranya gampang banget... tinggal cari aja di Online Shop aksesoris motor tambahan, namanya conrod untuk pemendek/perendah shock belakang yang terpasang dibawah shockbreaker pada prolink suspensi motor Honda All New CB150R tersebut. Hasil baca2x dari blog & forum2x sey untuk conrod ini kira2x sama persis dengan CB150R keluaran sebelumnya, coz sama2x menganut suspensi sistem prolink. Untuk harga conrod yang dijual harganya terbilang cukup bervariasi, ada yang menjualnya dengan harga 80rb, 100rb dan ada juga yang menjualnya seharga 130rb.
pemendek all new cb150r
Sumber image: motogokil & liard akesoris motor
Bagi yang punya rezeki lebih, modif biar pendek bisa juga pakai cara lain.. ya, caranya ganti shockbreaker belakang bawaan pabrik dengan merk YSS yang dipakai motor Vixion NVL, shockbreaker merk YSS ini disebut-sebut menjadi solusi suspensi keras yang dikeluhkan banyak rider2x pemilik CB150R (baca2x dari blog comment, forum & fb). Selain dapat memendekan/menurunkan posisi duduk, shockbreaker Merk YSS ini untuk daya redamnya dapat disetting sesuai dengan keinginan Anda, mau setting keras-sedang-lembut bisa... coz ada setelannya (adjustable shock).

ganti shockbreaker all new cb150r
Sumber image: motogokil

Sebetulnya masih ada lagi cara lain untuk menurunkan/memendekan suspensi All New CB150R ini, ya.. caranya simple banget dengan membalik prolink, efeknya memang selain dapat memendekan atau menurunkan posisi duduk rider.. modif dengan cara tersebut juga bisa membuat suspensi yang tadinya agak keras menjadi lebih lembut (empuk) bantingan suspensinya. Namun.. konsekuensinya adalah kestabilan berkendara pada saat kecepatan tinggi dengan medan yang berliku dan juga bergelombang menjadi lebih riskan dan harus berhati-hati. Tapi untuk rider yang sehari-harinya hanya melalui jalan2x yang bertanggul atau jalan2x yang tidak rata, cara ini disebut2x bisa menjadi solusi untuk yang merasa bantingan suspensi All New CB150R yang keras.
Note: Pilihlah cara2x yang menurut Anda aman (safety riding) karena walau bagaimanapun motor dengan bawaan standart pabrik sebelum dijual kepasaran, pastinya sudah melalui perhitungan yang matang agar aman untuk dikendarai.
Ilustrasi: stang mentok tanki
Selain shockbreaker depan yang diturunin, adalagi nih perubahan lainnya... yaitu perubahan pada posisi stang motor. Jujur penulis waktu mau jangkau stang dari posisi duduk agak kejauhan, coba2x cari raiser (peninggi stang) yang bisa deketin jarak untuk jangkauan tangan di online shop buat sey All New CB150R dari 2 bulan yang lalu sampai saat ini belum ada... haduuuuh tepok jidat masih sedikit aksesorisnya :) Akhirnya posisi stang agak dikebelakangin sedikit mendekati tanki bensin (modif pakai cara ini sedikit merubah dudukan kopling dan juga rem) Nah... ada masalah sedikit nih, posisi tangan waktu belok menikung jadi gak bisa terlalu full menikung. Coz genggaman tangan bisa2x mentok ke tanki bensin (penulis pernah beberapa kali ke genjet)

Untuk akselerasi motor Honda All New CB150R ini tergolong yahud bgt.... Sekali gas langsung wus..wus... Ajib gan! Teknologinya mantap n dasyat punya ini motor, dan yang penulis senang dari ini motor.. iritnya itu banget2x... walaupun jenis bensinnya pakai Pertamax atau Shell tapi sebanding sama akselerasi, kecepatan dan iritnya ito lho... Good Job HONDA :)

Nah.. biar gak dibilang promosi, penulis bahas juga nih sedikit hal yang perlu diperhatiin sama ini motor. Apa tuh? Rantenya gan... iya rantai yang gampang kendor, hasil konsultasi sama mekanik resmi dari Honda. Katanya: rantai All New CB150R yang bikin gampang kendor ini coz efek dari ban motor yang besar. Mekaniknya bilang juga: Motor CBR150R juga sama, gampang kendor rantenya... kira2x sependapat gak Bro, Brew, Bry & Agan sekalian ?

Trus ada lagi nih, apa sey? lampu depanya coy... terang menderang. Pernah suatu hari ada biker pake motor matic komplain karena lampu motor All New CB150R gak sengaja nyorot spion tuh orang, Memang sey untuk malam2x dengan kondisi jalan yang gelap, lampunya enak banget buat nyorot jalan, trus klo lewatin motor2x lain juga banyak yang kasih jalan saking lampu tuh motor terang menderang. Ada sey diblog lain yang ngebahas gimana cara turunin lampu motor All New CB150R biar jadi turun, tapi belum berani modif kaya gtu... mungkin next time :)

Akhir kata, penulis mohon maaf klo dari segi penulisan kata2xnya berantakan banget (maklum lagi belajar nulis). Banyak banget materi tulisan yang diambil dari referensi blog lain, yang mungkin ada kemiripan. Tapi bukan hasil copy-paste juga lho ya....Thx dah mampir, salam kenal & sukese selalu :)
Load disqus comments

0 komentar