Ini Dia 5 Jenis Genset Yang Paling Banyak Digunakan

 

silent genset yanmar

Ini Dia 5 Jenis Genset Yang Paling Banyak Digunakan - Genset atau kepanjangan dari Generator Set merupakan alat yang biasa digunakan sebagai solusi dari pemadaman listrik. Genset biasanya ada di rumah, lokasi tempat usaha sampai pelayanan publik seperti rumah sakit.


Penggunaan alat elektronik sangat digandrungi dan sudah menjadi kebutuhan harian masyarakat perkotaan bahkan sampai ke desa-desa. Teruntuk wilayah desa ataupun yang suplai listriknya masih terbatas, biasanya genset sudah menjadi pilihan utama. Biasany untuk balai pertemuan di desa sampai rumah dan pabrik yang ada di wilayah tersebut. Lantas kenapa sih genset itu dibutuhkan?


Genset dibutuhkan karena genset bisa menjadi alternatif tenaga listrik cadangan yang bisa digunakan ketika suplai listrik dari PLN tiba-tiba mati atau padam. Ada berbagai macam jenis genset, dan semuanya dijual di Indonesia, diantaranya:


Genset Berbahan Bakar Diesel.

Pada jenis yang pertama merupakan jenis genset yang paling banyak digunakan dan paling sering dijual oleh distributor sampai toko elektronik. Terlihat dari namanya, mesin genset ini membutuhkan diesel sebagai bahan bakarnya. Genset dengan bahan bakar diesel bisa memberikan tenaga atau energi listrik sampai 5000 watt atau 5kw hingga yang cukup besar 2.000.000 watt. Genset ini memiliki silinder mulai dari 2 hingga 16 silinder, untuk harga sendiri memang bervariasi dan tergantung dari spesifikasi serta kapasitas genset itu sendiri.


Genset Berbahan Bakar Bensin.

Sedikit berbeda dari point pertama, genset yang ke dua ini merupakan genset dengan bensin sebagai bahan bakarnya. Genset ini jadi genset yang paling umum dan paling banyak dibutuhkan untuk beragam keperluan seperti rumah tangga sampai kebutuhan bisnis. Rata-rata tenaga yang dishasilkan atau kapasitas genset bahan bakar diesel sampai 1000 watt.


Genset Berbahan Bakar Gas.

Sama seperti dua jenis sebelumnya, namun beda pada bahan bakarnya, genset ini memiliki bahan bakar gas. Gas yang digunakan itu berupa LPG atau juga Liquid Petroleum Gas, namun ada juga yang menggunakan jenis CNG atau Compressed Natural Gas. Jenis genset yang satu ini memang tidak begitu banyak dipasaran karena harganya yang cukup mahal, namun keunggulannya bisa lebih baik dari beberapa jenis sebelumnya karena bahan bakar ini paling sedikit mengeluarkan emisi. 


Genset Portable.

Kalu genset ini lebih pada fungsionalitas dan penggunaannya yang fleksibel. Genset tipe ini mudah dibawa serta juga dipindahkan karena ukurannya yang lebih kecil dan tidak butuh ruangan besar untuk penyimpanannya. Ukuran genset portable ini memang mantap untuk mereka yang akan mengadakan pameran kuliner, usaha kuliner atau juga yang membutuhkan listrik di tempat terbuka dalam suatu event.


Genset Dengan Turbin.

Genset jenis ini merupakan yang paling besar ya sobat, pasalnya genset ini bisa digunakan untuk skala gedung perkantoran, rumah sakit dan lainnya. Apakah jenis genset yang ingin sobat miliki? 


Genset apa yang biasanya Anda temukan di pasaran? Dan apakah genset tersebut sudah cukup membantu untuk kebutuhan Anda sehari-hari?


Informasi selenkapnya, klik DI SINI

Load disqus comments

0 komentar