Pengertian Energi Solar Panel dan Keunggulannya


Pengertian Energi Solar Panel dan Keunggulannya, trupower.co.id - Beberapa tahun yang lalu mungkin kita hanya tahu listrik itu disuplai oleh PLN saja, dan dengan adanya suplai dari PLN tersebut kita mampu menggunakan listrik untuk semua alat elektronik di rumah dan seluruh elemen kehidupan kita. Coba kita sebutkan minimal 5 saja dan tulis di kolom komentar perangkat elektronik apa saja yang butuh suplai listrik di dalamnya. 


Kami bantu sebutkan beberapa ya, ada dari sisi pencahayaan yang paling mendasar yaitu lampu, hiburan dari televisi, sisi pekerjaan dari komputer, kebutuhan memasak dari kompor listrik dan juga alat penyimpanan makanannya yaitu kulkas sampai ke ponsel pintar yang kita pegang untuk membaca artikel kami ini. Konsumsi listrik di tanah air terus menigkat, apalagi di dukung oleh program pemerintah yang memang menggenjot pembangunan dari kota sampai ke pelosok desa. 


Namun dengan adanya ketergantungan listrik ini, seketika membuat PLN harus menghasilkan daya listrik yang besar demi tercapainya penggunaan listrik yang merata. Di sisi kota besar seperti Jakarta dan Surabaya sudah mulai melirik sumber energi listrik dengan pengelolaan yang mandiri yaitu dari solar panel yang dipasang di sisi atap rumah ataupun ruko serta industri. 


Apa itu solar panel?


Solar panel atau dalam istilah Indonesia adalah panel surya adalah merupakan konversi dari cahaya matahari menjadi listrik, bisa mengalir secara langsung menggunakan photovoltaic serta tidak langsung dengan menggunakan tenaga surya yang terkonsentrasi sehingga mampu menghasilkan tenaga listrik untuk rumah serta industri ataupun kantor Anda. Adanya pengelolaan listrik mandiri dari solar panel ini membuat sitem tenaga surya yang lebih efisien dan juga terjangkau terutama dari sisi ekonomi dan juga lingkungan. Disarankan solar panel ini tidak hanya dipromosikan dan digunakan di perkotaan saja, namun akan lebih efektif juga solar panel bisa digunakan pada wilayah yang memang masih minim listrik seperti wilayah perdesaan yang hanya mengalir listrik pada jam-jam tertentu.


Apakah terlambat baru mengetahui dan menggunakan solar panel? Tentu tidak, solar panel masih tergolong baru di Indonesia, hal ini memiliki banyak keunggulan, diantaranya:

  • Ramah lingkungan.
  • Pemasangan yang mudah.
  • Harga solar panel di Jakarta dan kota lain terbilang kompetitif.
  • Tahan lama hinga bertahun-tahun.
  • Penyerapan dan kapasitas daya listrik bisa disesuaikan.
  • Bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan energi listrik berlebih dari baterai penampung ke PLN.


Cara kerja solar panel seperti apa?

Solar panel mengawali tugasnya dari menyerap energi cahaya dari matahari, lalu dengan teknologi yang ada akan diserap, disimpan dalam baterai hingga dialirkan ke perangkat elektronik. Ketika ada pancaran sinar matahari di permukaannya, solar panel mampu menyediakan energi yang dibutuhkan untuk menghasilkan arus listrik searah atau dengan singkatan DC. AC Inverter atau DC inilah yang akan mengubah daya DC yang dihasilkan dari plat yang terpasang menuju listrik AC sehingga bisa digunakan untuk listrik dirumah. Ada juga AC Circuit yang merupakan sikuit yang mengarah ke dalam rumah, dan terhubung dengan sekering dan dialirkan untuk menyalakan peralatan listrik di rumah. AC circuit ini juga menghubungkan meteran listrik yang ada dirumah.


Informasi selengkapnya: https://trupower.co.id/solar-panel-system/

Load disqus comments

0 komentar