Makanan Lezat Untuk Diet Rendah Lemak

Makanan lezat untuk diet rendah lemak pada pembahasan kali ini berguna untuk menurunkan berat badan atau mencegah kadar kolesterol jahat yang masuk ke dalam tubuh, biasanya orang yang sedang menjalani hidup sehat akan menjauhi makanan-makanan yang mengandung lemak. Tetapi, sudah tahukah Anda? Bahwa, tidak hanya berapa banyaknya saja yang harus di batasi, namun macam dan jenis lemak yang akan di konsumsi penting juga untuk selalu di perhatikan. Pada tips kesehatan kali ini, akan diuraikan dan dibahas lebih lanjut.

makanan rendah lemak

Makanan apa sajakah yang aman untuk di konsumsi pada saat menjalankan diet rendah lemak untuk membantu upaya atau program penurunan berat badan dan hal ini berlaku pula untuk mencegah masuknya kadar kolesterol jahat dalam darah? Berikut adalah beberapa pilihan-pilihan makanan lezat yang dapat membantu kita dalam menjalani program diet rendah lemak:
  1. Snack rendah gula dan rendah lemak
  2. Produk susu rendah gula dan rendah lemak
    Keju, yogurt, susu rendah lemak atau bebas lemak
  3. Buah dan sayuran
  4. Pasta, sereal dan biji-bijian
    Oat atau cereal yang rendah gula
    Pilih pasta saus tomat (bukan saus krim)
  5. Daging, ikan dan unggas
    Daging yang rendah lemak (membuang lapisan lemak pada daging dan kulitnya)
    Pilih makanan yang di masak melalui cara di rebus, di panggang atau di kukus
Perlu diingat, bahwa menjalani program diet rendah lemak bukan berarti kalau kita di larang untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung lemak. Pada umumnya bahwa lemak tetap di perlukan dalam jumlah yang cukup dan jenis yang tepat. Nah, sedangkan yang di maksud dengan jenis yang tepat di sini misalnya seperti: mengganti makanan atau minuman yang mengandung lemak jahat (lemak jenuh) dengan lemak baik (lemak tak jenuh). Contoh sederhananya ialah mengganti minyak kelapa atau minyak sawit yang tinggi lemak jenuh dengan minyak zaitun atau minyak jagung. Minyak zaitun (olive oil) dan minyak jagung (corn oil) merupakan contoh bahan pangan yang mengandung lemak yang tak jenuh serta di ketahui pula dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan  kolesterol total.


Daftar Menu Makanan Untuk Diet Rendah Lemak

Diet rendah lemak bukanlah artinya tak mengkonsumsi semua type jenis makanan yang mempunyai kandungan lemak sekalipun. Karena, perlu diingat bahwa badan yang sehat juga memerlukan lemak. Lemak pada tubuhdapat menjadi sumber daya agar kita dapat melakukan bermacam kegiatan. Sehari-harinya, badan memerlukan asupan lemak sekitar 30-35% dari keseluruhan kalori yang ada.
Saat memilih program diet ini, anda dituntut untuk menjauhkan makanan yang banyak terkandung lemak jemu seperti gorengan. Sebagai alternatifnya, Anda bisa mengkonsumsi kacang-kacangan serta beberapa jenis ikan laut.

Di bawah ini merupakan sebagian makanan sehat rendah lemak yang baik untuk kesehatan yang sesuai untuk program diet anda, diantaranya :
  1. Tahu
    Tahu adalah makanan yang dihasilkan dari kacang kedelai. Gunanya sangatlah baik untuk kesehatan dan mempunyai nilai gizi tinggi untuk badan. Tahu mempunyai kandungan protein nabati yang tinggi, rendah lemak, serta mempunyai komposisi asam amino paling komplit. Diluar itu, tahu juga diakui mempunyai daya cerna tinggi pada badan, yakni sebesar 85-98%. Bila dibanding dengan ikan, daging, serta telur, tahu memanglah mempunyai kandungan gizi yang lebih rendah. Walau demikian, lantaran harga nya yang terjangkau, tahu jadi salah satu menu idola sekaligus makanan pengganti protein hewani.Selain itu tahu juga diakui bisa mencegah sebagian masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, osteoporosis, menurunkan berat badan, dan diabetes serta dapat menambah kekuatan pada tubuh. Jadi tahu pas untuk di jadikan sebagai makanan untuk anda yang sedang menjalankan program diet rendah lemak.
  2. Pasta Gandum
    Gandum adalah salah satu jenis padi-padian yang banyak dikonsumsi oleh orang-orang sebagai makanan pokok sehari-hari. Sekarang ini, gandum banyak dijadikan menu makanan yang satu diantaranya berupa pasta. Pasta yang terbuat dari gandum umumnya mempunyai rasa yang manis. Diluar itu, gandum juga mempunyai kandungan serat yang tinggi, rendah lemak, dan kaya vitamin, mineral. folat, serta gampang diolah oleh usus. Lantaran sifatnya yang gampang diolah, gandum dapat jadikan juga sebagai pengganti makanan berat yang pas untuk dikonsumsi saat diet rendah lemak. Protein serta zat besi pada gandum juga dapat menjadi antioksidan serta bisa mencegah radikal bebas. Diluar itu, makanan olahan berbahan dasar dari gandum juga diakui bisa menghindari penyakit jantung serta kanker.
  3. Kentang Panggang
    Kentang adalah makanan yang banyak dikonsumsi semagai makanan ringan ataupun makanan pokok. Kentang mempunyai kandungan gizi yang tinggi hingga baik untuk kesehatan tubuh. Diluar itu, kentang juga rendah lemak, kaya vitamin C, serta bisa melindungi system kekebalan tubuh, jantung dan kulit.

    Disamping kandungan-kandungan itu, kentang juga kaya akanzat-zat gizi seperti berikut:
    • Vitamin B6 yang dipercaya dapat menghindari penyakit jantung, batu ginjal, sindrom, serta depresi mental.
    •  Kalium yang diakui bisa menangani tekanan darah tinggi.
    • Besi serta tembaga yang bermanfaat untuk menangani pusing, sakit kepala serta anemia.
    •  Karbohidrat yang dapat menjadi asupan daya yang diperlukan tubuh.
    • Serat yang diakui bisa mendukung melakukan perbaikan system pencernaan. 

    Walau demikian, kentang hanya dapat berperan baik sebagai makanan untuk diet rendah lemak bila di sajikan berbentuk kentang panggang.

  4. Madu
    Madu adalah cairan kental berwarna kuning keemasan yang datang dari lebah dengan rasanya yang khas. Rasa manis pada madu dihasilkan oleh kandungan monosakarida fuktosa serta glukosa. Oleh karenanya, terasa nyaris sama juga dengan gula. Di balik semuanya itu, nyata-nyatanya madu juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.

    Kandungan yang ada pada madu diantaranya yaitu karbohidrat, glukosa, fruktosa, serta antioksidan. Diluar itu, kandungan gulanya dapat diserap dengan cepat oleh system pencernaan serta dapat berperan juga sebagai antibiotik yang bisa menangani beberapa masalah kesehatan seperti berikut ini:
    • dapat menaklukkan bakteri yang mematikan.
    • menangani hidung tersumbat.
    • juga sebagai obat luka bakar atau luka yang dikarenakan oleh tusukan benda tajam.
    • meningkatkan antioksidan dalam tubuh, dan mencegah kuman patogen yang bisa mengakibatkan penyakit infeksi.
    • sesuai dijadikan juga sebagai makanan program diet rendah lemak yang direferensikan.
Demikianlah uraian mengenai makanan lezat untuk diet rendah lemak sebagai pedoman dalam menjalani hidup sehat. Untuk menghindari dan menghadapi penyakit tidak cukup hanya berdoa... ada baiknya kita mencari informasi untuk mengatasinya. Mudah-mudahan anda yang tengah melakukan program diet rendah lemak bisa menjadikan artikel di atas sebagai bahan rekomendasi. Ingat ya janganlah makan asal-asalan atau tak makan sekalipun saat anda menjalankan diet. 

Load disqus comments

0 komentar