Eksperimen Buat Es Krim Sendiri di Rumah dengan Mesin Es Krim!

es krim

Makan es krim di tengah panasnya cuaca memang selalu menyenangkan ya, membayangkannya saja bahkan sudah cukup menjadikan kita ingin segera membeli es krim dan memakannya dengan nikmat. Tapi, bagaimana kalau membuat es krim sendiri di rumah? Pasti akan lebih menyenangkan dan memberikan kepuasan tersendiri, bukan?

Nah, ini saatnya bagi kamu untuk bereksperimen buat es krim sendiri di rumah! Siapa tahu kalau enak bisa dijadikan bisnis es krim rumahan! Cara membuat es krim sendiri bisa dibedakan dalam dua cara: menggunakan freezer kulkas biasa dan menggunakan mesin es krim! Simak penjelasan berikut ini, ya.


Buat Es Krim dengan Memanfaatkan Freezer Kulkas

Metode pembuatan es krim ini mungkin jadi hal yang paling lazim dan banyak dipikirkan orang. Yep, apa lagi kalau bukan memanfaatkan alat pendingin elektronik satu ini? Kamu hanya membutuhkan bahan-bahan dasar es krim seperti susu, tepung maizena, gula pasir sebagai pemanis, berbagai bahan pendukung rasa es krim seperti bubuk coklat, vanilli, santan hingga minuman sachet berasa–sesuai selera dan rasa es krim yang kamu mau.

Selanjutnya, kamu tinggal mencampur bahan-bahan tersebut dengan takaran yang sesuai dan menaruhnya di freezer kulkas. Atur suhu di freezer dengan sempurna dan diamkan hingga menjadi es krim yang siap disantap. Mudah bukan? Tapi jangan lupa untuk memperhatikan detail-detail kecil untuk membuat es krim yang baik dan benar dengan melihat panduan agar hasilnya sempurna, ya!


Menggunakan Mesin Es Krim Otomatis

Pernahkan kamu mendengar tentang mesin es krim otomatis? Sesuai dengan namanya, mesin pembuat es krim adalah alat yang digunakan khusus untuk membuat es krim. Jika kamu penggemar berat es krim atau berencana membuka bisnis berjualan es krim home made, tidak ada salahnya jika kamu membeli alat yang satu ini.

Menggunakan alat khusus seperti ini akan membantumu mendapatkan tekstur es krim yang lebih baik karena tidak adanya proses mengocok manual yang dapat memecahkan kristal es dengan kasar. Mesin es krim otomatis sendiri terdiri dari beberapa macam bentuk dan merek, namun ketika memilih produk, ada baiknya kamu memperhatikan hal-hal seperti di bawah ini:

  • Metode pembekuan dalam mesin yang akan kamu beli menggunakan mangkok, kompresor, atau metode lainnya? Penting bagi kamu untuk memeriksa hal ini agar tahu seberapa cepat proses pembekuaan es krim berlangsung nantinya. Semakin cepat beku, maka semakin baik.
  • Bagaimana kapasitas mesin tersebut? Karena kapasitas setiap mesin bisa berbeda, kamu harus memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu.
  • Merek kompresor akan menentukan daya tahan sebuah mesin es krim. Pastikan kamu menggunakan kompresor yang bagus dengan merek yang terpercaya untuk daya tahan mesin yang lebih lama.
  • Selanjutnya, jangan lupa untuk memperhatikan berapa daya listrik yang dibutuhkan untuk mengoperasikan mesin tersebut. Jangan sampai dayanya melebihi kapasitas daya listrik yang kamu punya di rumah.
  • Terakhir, tapi juga yang paling penting: harganya. Selain berkualitas bagus, sangat lah penting untuk membeli produk yang sesuai dengan budget yang kamu miliki.


Demikianlah sekiranya beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum mencoba bereksperimen membuat es krim sendiri di rumah. Untuk pemula, ada baiknya kamu menggunakan metode pertama terlebih dahulu baru upgrade menggunakan mesin es krim otomatis jika kamu memang ingin membuka usaha atau menghasilkan sesuatu yang berprofit di bidang ini, bisa membelinya di wiratech penyedia mesin makanan dan kemasan yang telah dipercaya banyak perusahaan besar di Indonesia. Selamat mencoba dan semoga beruntung!

Next Post Previous Post