7 Alat Pendukung UMKM Agar Cepat Balik Modal

Membuka bisnis atau usaha sendiri seringkali menjadi pilihan untuk menambah penghasilan atau memberikan penghasilan tetap. Sebagian orang bahkan menemukan passion dirinya dalam berbisnis dibandingkan dengan bekerja di perusahaan orang lain. Ketika membuka usaha sendiri, kamu bisa menemukan kebebasan untuk menentukan budaya kerja, manajemen keuangan, dan berbagai pengelolaan lainnya. Tapi di balik itu semua, ada kerja keras yang perlu dimaksimalkan berkali-kali lipat karena harus menangani semuanya dari nol sendiri.

Wiratech Penyedia Mesin Makanan dan Kemasan
image source: Wiratech | Jakarta


Jika kamu sudah siap dengan semua “kesenangan” dan tantangan dalam berbisnis, tidak ada salahnya untuk memikirkan berbagai konsep bisnis baru dengan memanfaatkan peluang yang ada. Selain modal dan mental, kreativitas sangatlah diperlukan agar bisnismu bisa tembus atau laku di pasaran. Ada banyak sekali ide bisnis yang bisa kamu coba, terutama dari sektor Food & Beverage (F&B), Lifestyle, hingga berbagai Usaha Mikro Kecil Menengah  (UMKM) lainnya. Berikut ini ada beberapa produk pendukung UMKM yang bisa kamu pertimbangkan untuk menjalani usaha yang cepat balik modal:

1. Mesin Es Krim

Seperti yang sudah dibilang sebelumnya, sektor F&B akan selalu menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Bagaimana tidak jika hampir semua orang menyukai kuliner dan mencoba cita rasa baru? Salah satunya adalah es krim! Primadona dessert yang satu ini akan selalu menemukan penggemarnya, terlebih lagi di negara tropis seperti Indonesia. Jika kamu pernah membuat es krim dan percaya diri dengan rasanya, kenapa tidak mencoba menjadikannya sebagai suatu bidang usaha? Kamu bisa bereksperimen membuat es krim dengan mesin es krim dan mengembangkan beberapa menu baru yang unik loh. Mesin pembuat es krim akan sangat membantu kamu dalam membuat es krim secara lebih cepat dan profesional.


2. Mesin Es Batu

Ya, kamu tidak salah baca. Mesin es batu bisa menjadi produk yang bisa sangat mendukung usahamu! Terlebih jika berhubungan dengan minuman dingin atau jika kamu ingin membuka restoran. Segala macam bisnis beverage pasti membutuhkan jumlah es batu yang banyak dalam waktu yang cepat, mengandalkan freezer kulkas saja pasti tidak cukup. Di sini lah mesin pembuat es batu berperan untuk membantu usahamu. Alat ini bisa menghasilkan es batu dalam jumlah banyak dan waktu yang singkat! Tinggal pencet tombol, es batu bisa siap dalam beberapa menit saja. Tapi, pastikan kamu membeli jenis mesin yang sesuai kebutuhan ya: entah dari lama waktu membuat es, kapasitas, hingga tipe portabel atau non portabel.


3. Mesin Bakso

Siapa coba yang tidak suka makan bakso? Makanan yang disukai oleh hampir semua umat di dunia ini juga bisa menjadi peluang bisnis yang baik untuk kamu! Membuat bakso juga mudah lho, jika kamu tahu caranya dan punya resep sendiri yang membuat rasanya beda dari yang lain. Apalagi jika kamu mempunyai mesin pembuat bakso yang bisa membantu kamu dalam proses pembuatan bakso, agar lebih cepat dan lebih berkualitas hasilnya. Tanpa mesin bakso, kamu harus membuat bakso secara manual sehingga akan cukup memakan waktu dan kurang efektif.


4. Mixer Roti

Kali ini, kita akan membahas sektor usaha makanan ringan yang sekaligus bisa juga dijadikan sebagai makanan pokok pengganti nasi, yang tidak lain dan tidak bukan adalah roti. Makanan yang terbuat dari tepung dan pertama kali diperkenalkan di belahan Eropa ini juga bisa menjadi peluang bisnis yang tidak boleh dilewatkan. Apalagi bagi kamu penggemar pastry dan hobi membuat kue. Belajar membuat roti sendiri juga tidak kalah menyenangkan, bahkan lebih menyenangkan lagi karena isinya bisa kamu kreasikan sekreatif mungkin! Namun, bila kamu ingin menjadikannya bisnis, kamu perlu membeli alat-alat khusus pembuatan roti seperti mixer roti yang akan membantu kamu dalam proses produksi.


5. Mesin AMDK

Pernahkah terlintas di pikiranmu untuk menggeluti bisnis AMDK (Air Minum Dalam Kemasan)? Jika ya, kamu tentu membutuhkan mesin AMDK. Mesin ini adalah alat yang berfungsi mengolah air agar layak diminum hingga proses pengemasannya yang higienis sebelum akhirnya bisa dijual. Terdiri dari beberapa jenis yaitu: Mesin Water Treatment untuk pengolahan air bersih, secara mekanis dan kimiawi, Mesin Packaging untuk mengemas air yang sudah diolah ke dalam botol, galon atau kelas kecil, Mesin Cup Sealer untuk menutup kemasan dengan baik, dan Mesin Pencetak Label untuk memberikan ciri khas atau merek dari AMDK yang kamu jual. Karena membutuhkan alat yang lebih banyak, tidak heran jika kamu membutuhkan modal yang lebih banyak untuk membuka bisnis ini dengan harga setiap mesin AMDK tersebut yang bervariasi.


6. Mesin Vakum atau vakum sealer

Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui mesin yang satu ini, tapi mesin ini adalah alat yang sangat dibutuhkan oleh mereka yang benar-benar mau fokus di bisnis UMKM, terutama di bidang makanan. Seperti yang kita tahu, setiap makanan yang dijual pasti membutuhkan kemasan. Nah, mesin vakum atau yang dikenal dengan vacuum sealer ini lah yang dapat membantu proses pengemasan makanan itu agar lebih higienis, praktis, dan efektif! Proses “pemvakuman” berfungsi mengosongkan oksigen di dalam kemasan agar mengurangi resiko perkembangbiakan bakteri, sehingga makanan yang dibungkus dapat terjaga kondisinya dan lebih awet. Mesin ini terdiri dari beberapa jenis  yang bisa kamu pertimbangkan dari segi bentuk dan kapasitasnya.


7. Plastik Vakum

Jika di poin sebelumnya kita berbicara mengenai alat pengemasan, kali ini adalah material pengemasannya. Dalam proses mengemas atau membungkus makanan, alat pembungkus seperti plastik tentu dibutuhkan. Tapi yang harus kamu catat di sini adalah fakta bahwa plastik vakum berbeda dengan plastik biasa. Plastik vakum dibuat khusus untuk kemasan makanan, dibuat dengan bahan-bahan yang aman dan tidak akan tercampur dengan makanan, juga dengan teknologi dan ketebalan  yang bisa menjaga makanan di dalamnya awet lebih lama. Plastik vakum pun terdiri dari beberapa macam seperti Low Density Polyethylene (LDP), plastik Nylon, vakum bag, dan Stand Up Pouch. Selanjutnya, kamu tinggal menyesuaikan jenis plastik yang paling cocok dengan kebutuhan usahamu.


Demikianlah sekiranya tujuh daftar produk atau alat pendukung usaha yang bisa kamu beli di website resmi WIRATECH penyedia mesin makanan dan kemasan, sesuai dengan ranah bisnis yang kamu minati. Masing-masing memiliki peranan penting dalam proses pembuatan, kecepatan, hingga menekan budget produksi agar kamu bisa balik modal dengan lebih cepat. Tapi ingat, kamu juga harus mengatur strategi dengan baik dan memilih jenis atau merek alat yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget produksimu juga, entah itu mixer roti, mesin es batu, mesin es krim, mesin AMDK, mesin vakum (vacuum sealer), plastik vakum, atau mesin bakso!


Jadi, sudahkah kamu menentukan bisnis UMKM seperti apa yang ingin kamu jalani? Selamat mencoba, semoga beruntung dan cepat balik modal, ya!


Next Post Previous Post