Manfaat Mesin Es Batu Untuk Bisnis Kuliner

Mesin Pembuat Es Batu Wiratech
Ice Cube Machine. Credit image: wiratech.co.id

Berbicara tentang dunia kuliner, mesin ice cube tidak bisa diabaikan. Karena mesin ini dapat membuat cetakan es dalam volume yang lebih banyak dan waktu yang lebih singkat dibandingkan mencetaknya menggunakan lemari es atau freezer. Tak perlu diragukan lagi bahwa es batu adalah kebutuhan nyata dalam dunia kuliner minuman ringan. Alat ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan alat pendingin atau cooling device. Namun mesin ice cube ini memiliki perbedaan fungsional yaitu dapat menampung cetakan es berupa kristal es yang dibentuk oleh air. Mesin ini membuat cetakan kristal es tetap sempurna untuk waktu yang lama. Dengan cara ini mesin dapat menjamin keberadaan es batu Anda pada suhu normal tanpa berbunga es dan langsung sampai ke tangan konsumen. Umumnya mesin ice cube ini biasanya digunakan di restoran cepat saji seperti KFC, MC Donald, Pizza Hut, dll.

Memprediksi Peluang Bisnis Es Batu

Memiliki mesin es kristal ini adalah peluang bagus untuk menjual es batu. Apalagi saat ini bisnis franchise makanan dan minuman sedang berkembang di Indonesia, permintaan es batu semakin meningkat. Misalnya franchise es.krim. ice pop, jus buah, es kopi, soda, dll. Karena es batu yang dicetak sudah berukuran kecil, Anda dapat dengan mudah memasukkan es batu besar ke dalam gelas dan kemudian memasukkannya ke dalam gelas. Jika Anda tidak tertarik untuk memulai bisnis minuman, Anda bisa mencoba memulai bisnis kristal es. Anda bisa mulai membidik usaha kecil di sekitar Anda, seperti rumah atau kedai kopi yang sudah memulai bisnis, yang biasanya tidak memiliki modal untuk membeli mesin es.

Bagaimana cara menggunakan mesin ice cube?



Bahkan, cara kerja perangkat ini mirip dengan kompartemen freezer di lemari es, yang berarti air dapat diganti dengan sistem air statis di mana es tetap di tempatnya. Kemudian es batu mengalir melalui sistem air saat ini melalui tabung baja dan menciptakan es batu.
Menggunakan sistem air stainless steel, itu menciptakan es batu dan kemudian menempelkannya ke tabung Murech untuk membentuk tabung es di lubang, yang membentuk es di tengah, yang bisa beberapa menit air. Metode menggunakan kubus es ini tentu tidak sulit untuk membasahi mesin dalam saluran khusus, dan kemudian memulai perangkat, dan kemudian menyesuaikan ketebalan es seperti yang Anda inginkan.

Manfaat mesin ice cube hasilkan banyak es batu, tetapi tetap hemat listrik!

  • Mesin ini disebut tabung es, yang merupakan keuntungan bahwa perangkat ini sangat nyaman bagi pengguna dan sangat rendah spesifikasinya dan tidak membutuhkan banyak listrik untuk melakukan bisnis restoran bahkan skala kecil.
  • Ice cubes terkecil dapat menyebabkan es batu hingga 20 kg per hari, tetapi jika Anda menggunakan lemari es hanya 7 kg. Jadi perangkat ini akan sangat berguna untuk bisnis minuman ringan Anda. Selain itu, listrik lebih hemat daripada menggunakan kulkas.
  • Mesin ini juga sepenuhnya otomatis, sehingga Anda dapat melakukan hal yang sama saat membuat cetakan es.
  • Perangkat ini sepenuhnya terbuat dari stainless steel, yang tahan lama dan tidak berkarat. Dibandingkan dengan perangkat yang terbuat dari kuningan, itu tidak meninggalkan bekas berwarna.
  • Menghasilkan es batu yang lebih sehat daripada menggunakan es batu biasa karena harus melalui proses penghancuran es batu.
  • Mesin ini telah menerima pengakuan internasional untuk memenuhi standar restoran ISO.

Bentuk es batu yang unik

Kalau pakai es batu biasa, bentuknya tidak beraturan, ada yang besar, ada yang kecil, jadi kalau besar tidak akan muat di gelas, kalau kecil akan cepat meleleh. Namun lain halnya jika menggunakan mesin ice cube, menghasilkan es batu yang tidak mudah meleleh dan tanpa es yaitu es batu murni yang langsung digunakan untuk minuman dingin. Selain itu, bentuknya yang unik berbentuk tabung dengan lubang di tengahnya terlihat unik dan menarik saat menyajikan es batu dalam minuman. Berkat bentuknya yang unik, Anda bisa menaikkan harga minuman Anda di pasaran. Ini adalah pilihan terbaik untuk menyajikan minuman di hotel dan restoran kelas menengah.

Ikuti tips ini untuk membuat kristal es Anda sendiri

  • Tempatkan perangkat di ruangan bersuhu sekitar 20°C dengan suhu air 10°C.
  • Jika kapasitas hopper atau storage kecil, mesin akan otomatis mati saat hopper atau storage penuh, maka segera pindahkan es yang sudah jadi ke tempat lain agar ice maker dapat terus berproduksi.
  • Jika perawatan di atas tidak dilakukan, maka efisiensi mesin akan menurun.

Jenis Mesin Ice Cube atau Mesin Es Batu

1. Mesin Es Batu Tipe ZB300A

Mesin ini mampu menghasilkan 150 kg es per hari. Kapasitas penyimpanan perangkat ini adalah 100 kg, dan konsumsi energinya mencapai 750 W. Berat perangkat adalah 70 kg, dan dimensinya adalah 64 x 90 x 170 cm. Mesin ini menghasilkan es dengan sangat cepat, dapat membuat cetakan es hanya dalam waktu 15 menit.

2. Mesin Es Batu Tipe ZB80A.

Perangkat ini memiliki dimensi yang lebih kecil dibandingkan mesin model ZB-300A. Karena ukurannya yang kecil, alat ini hanya bisa menghasilkan 40 kg es per hari. Perangkat ini hanya dapat menyimpan 25 kg. Meski beratnya hanya 50 kg, bisa membuat es batu dalam waktu 15 menit. Harga perangkat ini sekitar Rp9 juta. Unit ini benar-benar stainless, sehingga lebih tahan karat dan lebih kuat dibandingkan menggunakan bahan stainless seperti aluminium atau kuningan.

Bagaimana memilih mesin es batu sesuai dengan kebutuhan Anda?

Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis kristal es, sebaiknya beli mesin es batu harga murah di wiratech dijamin dapat kualitas bagus dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Karena perangkat ini sangat mahal, harus disimpan sebagai investasi jangka panjang. Selain itu, saat ini semua mesin tersebar luas di pasaran dan memiliki fungsi yang hampir sama. Oleh karena itu, Anda harus sangat berhati-hati sebelum melakukan pembelian, agar tidak salah dalam memilih. Apalagi jika Anda pemula namun membeli mesin entry level yang mahal, haruslah mengetahui kualitas yang terjamin dan tentunya mendapatkan garansi.


Article source: goukm.id

Next Post Previous Post